Jaringan Komputer


Jaringan Komputer

Menurut Tanennbaum, jaringan komputer adalah “an interconected collection of autonomous computer ( suatu kumpulan interkoneksi dari komputer – komputer yang otonom)” (1981). Dua komputer dapat dikatakan saling terkoneksi dalam sebuah jaringan jika keduanya mempunyai kemampuan untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Media komunikasi tidak hanya melalui kabel, akan tetapi juga menggunakan gelombang mikro, serat optik, hingga ke model wireless.

Jaringan komputer pertama adalah jaringan berdasarkan bagi pakai waktu atau time-sharing network menggunakan sebuah komputer pusat (Mainframe) serta beberapa terminal yang dihubungkan ke mainframe tersebut. Penerapan lingkungan jaringan seperti ini telah dilakukan oleh IBM dengan System Network Architecture (SNA) serta Digital’s Network Architecture.

Perkembangan komputer sekanjutnya mengikuti revolusi yang terjadi pada perkembangan PC. Produksi masal Personal Computer menjadikan kepemilikan perangkat ini menjadi sangat mudah dan murah. Local Area Network (LAN) berkembang mengiringi revolusi perkembangan PC. Kemampuan LAN sangat meningkat dalam melakukan pertukaran file dan pesan antar komputer dalam area geografis yang relatif kecil. Komputer lain dapat melakukan bagi-pakai (sharing) resource serta bertindak sebagai penyedia atau server file.

Standart IEEE 802.11 mendefinisikan protokol dalam dua tipe jaringan, yaitu jaringan Ad Hoc dan Client/Server. Jaringan Ad Hoc merupakan jaringan sederhana di mana komunikasi terjadi di antara dua perangkat atau lebih pada cakupan area tertentu tanpa memerlukan sebuah access point atau server. Standarisasi ini semacam etiket pada setiap perangkat jaringan dalam melakukan akses media wireless.

2.2 Teori Cara Kerja Radio

Sebelum membangun jaringan wireless ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu prinsip kerja komunikasi radio seperti frekuensi, gain, pola radiasi, panjang gelombang, redaman dan sebagainya.

2.2.1 Frekuensi

Frekuensi digunakan untuk membedakan antara dua sinyal atau lebih dengan panjang gelombang tertentu sehingga dapat membagi satu sinyal dengan sinyal yang lain sesuai kegunaannya. Frekuensi mempunyai unit satuan, yaitu Hertz (Hz) satu Hertz adalah frekuensi sebuah arus bolak – balik menyelesaikan satu siklus dalam satu detik.

helo

12 Tanggapan to “Jaringan Komputer”

  1. mmg mw Kmn lw…?

  2. michael jakson Says:

    mau ikut nyusul gw g????

  3. benar …. mmg ada apa y ?….. qo bisa tw cieh !

  4. km yang kerja di finis kan?

  5. pastinya dunk bozz… thanx y bozz dah comment to my blog…..

  6. andrieekojuliansyah Says:

    semangat bro…
    kul jalan trus . . .
    begitu jg dg kerjaan

  7. yach sudah lah kalo begitu… jangan lupa mampir ke blog saya yach friend

  8. Ni kalo gak ada UAS web.. Juga gak bakal Bikin artikel Jarkom… He…he..
    Thanks yach… Good…Good..

  9. ko blm d jawab c?

  10. ohhh gitooo ya…!! aloueslah🙂

  11. Tanennbaum siapa? orang mana? lo kenal sama dia yah?

  12. klo menghitung rumus pengutan frekuensi radio itu gmn yah? help me please????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: